Infografis: Media Sosial 2024
Pengguna media sosial di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3 jam 18 menit setiap harinya di media sosial. Mayoritas pengguna media sosial di negara ini, yaitu sebanyak 79,5%, merupakan individu berusia antara 18 hingga 44 tahun. Berdasarkan data We Are Social (2023), kelompok usia 18 hingga 34 tahun merupakan kelompok usia yang paling aktif di media sosial.
Untuk rentang usia tersebut, perempuan lebih banyak menggunakan media sosial ketimbang laki-laki. Pada rentang usia 18-24 tahun dan 25-34 tahun, perempuan juga lebih aktif menggunakan media sosial ketimbang lawan jenisnya.
WhatsApp menjadi platform media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia. Sebanyak 92,1% pengguna media sosial menggunakan WhatsApp. Diikuti oleh Instagram sebanyak 86,5% dan Facebook sebanyak 83,8%. Platform lainnya seperti TikTok, Telegram, dan platform X mengikuti.